Modifikasi Kawasaki Ninja 250 Sosok Sportbike Full Fairing Tergantikan

 

Sang empunya Kawasaki New Ninja 250R yang bertugas di Polsek Benua Kayong, Ketapang, Kalimantan Barat, begitu menginginkan Kawasaki Estrella, lalu dimodifikasi! Setelah mencoba untuk memberi sentuhan sedikit modifikasi, malah sang modifikator punya solusi lebih jitu. Tapi, idenya modifikasi Kawasaki Ninja 250 ganti tampang jadi Kawasaki Estrella.
Modifikasi Kawasaki Ninja 250 Sosok sportbike Full Fairing Tergantikan
“Perlu dipikir-pikir lagi untuk membeli Estrellanya. Kawasaki Ninja 250R mendapat sedikit sentuhan modifikasi sudah lebih keren dari Estrella. Lagian tuh motor jarang dipake. Kan masih ada New Ninja 250R! Daripada ngejogrok, mending dimodif,” solusi Dedi Wijaya, builder DJM Motoshop.

 

Dengan bujuk rayuan yang begitu memungkinkan, sang empunya sepakat dan rela modifikasi Kawasaki Ninja 250 ganti tampang jadi Kawasaki Estrella. “Konsep yang diusung Brat bobber,” bilang Dedi yang buka di Jl. R. Suprapto, Ketapang, Kalimantan Barat. Bobber bukan artinya hanya main ban gambot ya sob? Namun ada sedikit copotan part original dan bobot dibikin lebih ringan. Selain itu, ubahan sasis yang dipermak ulang tidak perlu terlalu ektrim. Nuansa Brat bobber yang dihadirkan DJM, bikin Ninja 250R terlihat lebih fresh dan enak dipandang mata.

 

Dalam membangun Kawasaki Ninja 250 agar penampilannya jadi Kawasaki Estrella, buritan belakang dipapas dan diganti dengan pipa besi 0,5 inci. Kemudian dibentuk lagi seperti huruf U lalu dilas listrik dan disambung ke sasis asli. Sedangkan suspensi belakang juga dirakit ulang untuk menggunakan double sok. Hal ini dibarengi dengan pembuatan dudukan baru di swing arm pakai las listrik. Agar rangka depan terlihat kokoh, dicangkokkan downtube 0,5 inci sistem knock down yang dibaut.
Modifikasi Kawasaki Ninja 250 Sosok sportbike Full Fairing Tergantikan
Nah, agar pelek terpasang aman dan kuat, perlu comot kepunyaan Kawasaki KLX 150 termasuk areal bushing dan as roda wajib disesuaikan. “As roda bawaan Ninja dibubut agar lebih kecil dan pas di teromol KLX. Setelah itu, bosh dibikin ulang agar roda bisa center,” jelas Dedi. Sedangkan untuk pelek, sang modifikator menggunakan pelek yang berbahan pelat besi, depan 4,00×16” dan belakang 5.00×16”. Ban pakai ukuran sama, 5.00×16”.

Alhasil, penampilan sportbike full fairing Ninja 250R sudah tidak lagi nampak. Tangki yang diaplikasikannya bisa muat 15 liter yang terbuat dari bahan plat galvanis tebal 0,8 mm. “Dudukan tetep mengikuti bawaan motor,” jelas pria yang juga aktif balapan skubek ini. Pelat besi 0,8 mm, juga untuk sepatbor depan-belakang dan tutup aki kiri kanan. Finishing touch, pakai cat doff Spies Hecker gawean Limz Airbrush.

 

JANGAN LEWATKAN