Alasan Pentingnya Menggunakan Helm

 

Alasan Pentingnya Menggunakan Helm

 

Helm merupakan salah satu perlengkapan berkendara yang wajib dikenakan oleh setiap orang yang mengendarai sepeda motor. Dari saat informasi diterima oleh pengendara sepeda motor untuk kemudian diidentifikasi sampai dengan harus memutuskan, keseluruhan proses tersebut terjadi di kepala sebagai pusat seluruh pengolahan informasi. Penting bagi kita untuk tetap selalu berkonsentrasi pada saat berkendara. Segala macam gangguan terhadap konsentrasi berkendara yang mungkin terjadi harus diminimalisir.

 

Helm berfungsi melindungi kepala kita dari segala macam gangguan saat berkendara termasuk benturan yang mungkin terjadi. Helm yang baik harus memenuhi standar uji keamanan. Ada beberapa standar yang digunakan di beberapa negara seperti:  DOT (Departement of Transportation) yang dikeluarkan oleh Departemen Transportasi Pemerintahan Federal di Amerika atau SNELL yang dikeluarkan oleh Snell Memorial Foundation di Amerika Utara. Untuk di Indonesia helm yang telah lulus standarisasi nasional akan mendapatkan label SNI. Mulai Juli 2009 lalu setiap konsumen yang membeli sepeda motor Honda telah dilengkapi dengan Helm standar yang telah lulus uji SNI-2 yang kualitasnya lebih baik dibandingkan SNI-1 yang diberikan sebelumnya.

Ada 2 jenis helm yang direkomendasikan untuk digunakan, yaitu: Half Face (3/4) dan Full Face. Kedua jenis helm ini dapat melindungi seluruh bagian kepala termasuk bagian kepala belakang akan tetapi untuk helm half face tidak memberikan perlindungan yang maksimal terhadap bagian wajah dan dagu. Jadi paling aman gunakan helm full face yang melindungi seluruh bagian kepala kita. Pastikan helm dilengkapi dengan visor (kaca pelindung).

Helm Full face Helm Half face

Saat inipun berbagai pilihan warna dan model helm standar bisa diperoleh sesuai dengan selera. Kitapun dapat tampil modis dan gaya dengan helm standar pilihan kita. Akan tetapi satu hal penting yang tidak boleh dilupakan, pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala kita, nyaman digunakan dan dapat melindungi kepala dengan sempurna.

Akhirnya setelah pilihan helm ditentukan, ukurannya pas dan nyaman digunakan, yang terpenting yang harus diingat saat kita menggunakan helm adalah mengancingkan tali helm dengan benar sehingga helm benar-benar berfungsi melindungi kepala dengan sempurna tanpa adanya resiko terlepas saat berkendara.

 

JANGAN LEWATKAN