Modifikasi Yamaha YZF-R15 Fun Race, Teknologi Injeksi Tidak Terpakai Lagi

 

Modifikasi Yamaha YZF-R15 Fun Race, Teknologi Injeksi Tidak Terpakai LagiJangan heran kalau motor yang mengusung tehknologi injeksi diubah menjadi karburator. Seperti Yamaha YZF-R15 yang satu ini, ia memakai karburator. “Menurut PT. N1, pihak UMA Racing saat ini masih dalam tahap pengembangan produk racing seperti ECU dan throttle body untuk motor injeksi.

 

Emang tampil beda dengan YZF-R15 injeksi ini dibikin karburator,” ujar Sudibyo, tuner Green Dragon Speed yang memiliki kontrak dengan PT N1 (pemegang merek dagang UMA Racing dan Proliner). Oprekannya, seluruh peranti injeksi dilepas dan bagian kepala silinder standar motor diganti dengan Superhead UMA Racing, yang memungkinkan proses downgrade YZF-R15 ini.

 

Modifikasi Yamaha YZF-R15 Fun Race, Teknologi Injeksi Tidak Terpakai LagiLalu bagaimana dengan sistem bahan bakar dari injeksi menjadi karburator? Yah, cukup mengandalkan produk karbu UMA Racing dengan venturi 30 mm. “Intake manifold untuk karburator, tetap pakai bawaan motor Yamaha, yakni Jupiter MX135,” papar pria yang disapa Yoyong ini.

Pengaplikasian karburator yang diameter besar tersebut tidak asal pasasng saja, namun butuh penyesuaian agar kebutuhan ruang bakar yang sudah naik dari 150 cc jadi 174,6 cc. “Ubahan di silinder head terdiri atas noken as yang dibuat berdurasi 260º dan pemasangan klep berdiameter in 23 mm/ex 20 mm,” tutur Yoyong yang ngebengkel di Arteri Kelapa Dua, Jakarta Barat.

Modifikasi Yamaha YZF-R15 Fun Race, Teknologi Injeksi Tidak Terpakai LagiSelain itu, sektor pengapian juga ikut polesan dengan menggunakan CDI UMA Racing khusus untuk Jupiter MX135 namun dipasang di R15 balap ini. Pemasangan ini membutuhkan penyesuaian pickup pulser yang dimensi panjangnya jadi 58,6 mm dan titik ledak dibuat 1,5 mm sebelum titik mati atas (TMA).

DATA MODIFIKASI :

Blok Set: UMA Racing
Klep: UMA Racing 20/23
Noken As: UMA Racing 260
Karburator: UMA Racing venturi 30mm
CDI: UMA Racing
Koil: Yamaha Jupiter MX 135
Head: Superhead UMA Racing
Magnet: Standar Modif Pickpulser
Knalpot: Proliner Kompetisi
Setang: NUI
Gas Spontan: UMA Racing
Master Rem: Kawasaki Ninja 150
Piringan Cakram: Dev
Selang Rem: Galver
Footstep: NUI
Shock Belakang: G@ZI
Adjustable Pelek: V.Rossi
Ban: FDR

 

JANGAN LEWATKAN