All New Honda Tiger yang Semakin Dinantikan

 

All New Honda Tiger yang Semakin Dinantikan

 

Ini masih menjadi berita yang masih menarik sampai saat ini, Kini berhembus kencang kembali kabar prediksi dari calon penerus sang legenda – Honda Tiger Indonesia. Kabarnya PT Astra Honda Motor (AHM) memang tengah ‘menggodok’ perubahan desain dan spek mesin (fuel injection – FI) untuk penerus Honda Tiger ini.

 

Hal ini sejalan dengan proyek AHM untuk membekali semua lineup produk motornya dengan sistem FI yang terbukti lebih efisien bahan bakar dan lebih bertenaga. Namun sejauh ini AHM masih menutup rapat-rapat ‘kran’ informasi kepada para awak media otomotif nasional.

Kembali pada desain sportbike yang telah masuk daftar lembaga hak paten di Eropa ini (European Union Office). Tepatnya pada bulan Desember 2013 yang lalu memang media otomotif internasional seperti MCN berhasil ‘mengendus’ sosok 3D (tiga dimensi) ini.

Sosok paten ini diduga kuat merupakan varian CB300F atau CB250F yang masih satu ‘spesies’ dengan CBR300R atau CBR250R. Dari bodyworks-nya jelas mengindikasikan sebuah sportbike naked dengan satu exhaust port dengan ukuran silinder blok yang tidak terlalu besar.

Korelasi antara besaran mesin dan satu exhaust port ini mengarah pada mesin dengan satu silinder. Tidak jauh berbeda dengan si Tigi (sebutan para biker untuk Honda Tiger) yang mengusung satu silinder juga.

Rencana AHM untuk meng-upgrade mesin Tigi disinyalir juga akan mengarah pada ‘pembengkakan’sektor ruang bakar. Tigi yang ada saat ini seperti kita ketahui bersama dia mengusung kapasitas mesin 200cc.

Sehingga bukan tidak mungkin jika Tiger akan didaulat untuk menggendong mesin 250 untuk mengungguli produk sejenis dari kompetitornya seperti Yamaha Scorpio Z (235cc) dan akan menyusul – Kawasaki Ninja RR Mono naked (250cc).

Kemungkinan selanjutnya menyasar pada desain bodyworknya, bisa saja juga desain paten Honda CB300F atau CB250F ini akan disematkan pada generasi penerus si Tigi yakni All-New Honda Tiger.

Honda memang memiliki kebiasaan untuk mempertahankan atau bahkan dominan menggunakan satu desain bodywork untuk beberapa macam varian mesin yang diusungnya, seperti contoh Honda CBR125R-CBR150R-CBR250R(2013).

Inilah yang setidaknya bisa ‘dipaksakan’ para penanti Tiger dan penggiat otomotif roda dua untuk memprediksi gambaran sosok All-New Honda Tiger ke depannya.

 

JANGAN LEWATKAN