Tips menjadikan Super KIPS ninja L jadi Maksimal

Loading...

Tips menjadikan Super KIPS ninja L jadi Maksimal
Tips menjadikan Super KIPS ninja L jadi Maksimal

KABARMOTOR.COM – Tips ini bertujuan untuk mengakali supaya katup Super KIPS lebih cepat bereaksi untuk membuka. Tapi dengan catatan bahwa batang pembuka tetap beroperasi pada RPM spt biasanya. Jadi tips ini bukan untuk mengubah bukaan batang pembuka SKIPS yg tadinya 7000 RPM jadi 5000 RPM. Melainkan tips ini bertujuan untuk mempercepat reaksi katup SKIPS terhadap dorongan gear dari batang pembuka, sehingga efek tendangan tenaganya lebih cepat terasa pada motor.

Penjelasan singkatnya dimulai dari cara kerja rangkaian SKIPS. Dimulai dari rangkaian per & bola sentrifugal → batang pembuka governor → gear pembuka katup SKIPS → katup SKIPS. Di Note ini yg kita akali adalah gear pembuka katup SKIPS, bukan di rangkaian per & bola sentrifugal.

Caranya simpel, tidak perlu bongkar mesin, semua ninjer pasti bisa:

1.      Buka karet penutup SKIPS.
2.      Kendorkan mur pengikat gear batang pembuka dengan kunci ring 10 ke arah KANAN
Ingat: kendorkan saja tanpa perlu sampe lepas. Habis itu posisikan gear batang pembuka nutup abis ke arah kiri (dengan kata lain menutup katup SKIPS)
3.      Hidupkan mesin motor, Langsam aja. Gerakin gear batang pembuka pake tangan ke arah kanan. Dengerin suara knalpot. Begitu suara knalpot berubah, kembalikan sedikit ke arah kiri sampe suara knalpot normal lagi. Dg kata lain: posisikan gear batang pembuka tepat sblm suara knalpot berubah (katup SKIPS masih menutup, cuma geser sedikit persis ke posisi sebelum membuka).
4.      Tahan gear batang pembuka, trus kencangkan lagi murnya ke arah KIRI. Awas, gear batang pembukanya jangan geser2 lagi, pelan-pelan saja melakukannya.

READ:  Memodifikasi Batok lampu dengan Custom Untuk Tampilan Berbeda

Dengan cara ini, katup SKIPS akan “curi start”. Pada RPM bawah SKIPS msh tetap menutup, jadi tidak berpengaruh apa-apa ke tarikan mesin. Tapi begitu gear batang pembuka mulai membuka di RPM 6-7rb, katup SKIPS sudah langsung membuka, tidak pake jeda seperti kalau stelan standar. Jadi SKIPS sudah terbuka penuh sebelum RPM 8000. Pengalaman saya sih stelan standar SKIPS terbuka penuh di RPM +/- 8000, dg ini jd 7400-7500. Tidak banyak, tapi lumayan lah dengan mengingat perubahan stelan yang sangat minim tanpa ada penggantian spare part apapun.

Loading...