Kehadiran Motor Terbaik sebagai Pesaing Ducati dan BMW dari Spanyol

Loading...

Kehadiran Motor Terbaik sebagai Pesaing Ducati dan BMW dari Spanyol
Kehadiran Motor Terbaik sebagai Pesaing Ducati dan BMW dari Spanyol

KABARMOTOR.COM – Negara yang dengan kecanggihan teknologinya mampu menghasilkan beberapa motor dengan kualitas dunia seperti misalnya Jepang dan Italia dengan produk Moge dan Vesap. Namun selain itu, Spanyol juga punya merek kebanggaan, Bultaco, yang berdiri sejak 1958, namun tutup pada 1983 karena alasan finansial. Merek legendaris milik keluarga Francesc ‘Paco’ Bultó itu menyatakan lahir kembali mulai 2014 ini, dan menelurkan dua konsep baru yang siap bersaing dengan para punggawa Italia dan Jerman.

Apa yang berbeda yang coba dihadirkan oleh pabrikan asal negara matador ini. Kembalinya Bultaco tidak mengandalkan mesin dengan pembakaran biasa, namun justru sepeda motor elektrik. Rapitan dan Rapitan Sport diklaim akan punya torsi lebih besar dibandingkan BMW S1000RR, tapi tenaga maksimalnya lebih kecil jika dibandingkan dengan sepeda motor jenis skuter maxi. Tenaga maksimal keduanya 54 PS dengan torsi 124 Nm.

Melihat serta mengamati hal berbeda yang coba dihasilkan oleh motor ini, Jika bukaan gas di buka sampai mentok, kecepatan maksimal mencapai 144 kpj. Jarak yang bisa ditempuh dengan sekali pengisian baterai adalah 199 km di rute dalam kota. Untuk mengisi ulang baterai dari kosong hingga penuh, butuh waktu antara 3,5-5 jam.

Keduanya mempunyai bobot 189 kg. Cukup berat mengingat mereka akan menggendong baterai lithium-ion untuk menggantikan mesin. Tangki yang biasanya untuk menyimpan bahan bakar diganti fungsinya sebagai penyimpan barang, termasuk helm.

Rencananya, Bultaco akan memproduksi sekitar 2.000 unit yang untuk sementara didistribusikan di lima negara, Jerman, Perancis, Amerika Serikat, Inggris, dan Spanyol sendiri. Belum dibeberkan soal harga, namun kemungkinan versi prototipe ini akan diproduksi mulai tahun depan.

Loading...