Melihat Perbandingan Yamaha R15 dengan New Vixion 2014

Loading...

Melihat Perbandingan Yamaha R15 dengan New Vixion 2014
Melihat Perbandingan Yamaha R15 dengan New Vixion 2014

KABARMOTOR.COM – Banyak kalangan di tanah air yang mengatakan kalau Yamaha R15 sebenarnya adalah penerus daru Yamaha New Vxion dan ini diakui PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), platform Yamaha R15 memang berangkat dari Yamaha New V-Ixion. Yamaha R15 hadir dengan desain baru yang lebih segar.

Denagn tampil full fairing nan sporty yang sesuai dengan keinginan konsumen yang ingin melihat sesuatu yang beda dari motor Yamaha yang satu ini. Motor baru ini bukan hanya ganti baju. terdapat banyak bagian yang berubah dari New V-Ixion. Jadi kalau dibilang cuma ganti baju saja, ya sangat kurang tepat dan itu bisa kita lihat mulai dari rangka dan kaki-kaki lalu menuju ke mesin.

  • Rangka dan Bodi

Di area rangka, sekilas memang sama. Bentuk sasis deltabox-nya memang sama, tapi ke belakang beda. Rangka Yamaha R15 lebih menungging di bagian buntutnya, berbeda dengan New V-Ixion. Perbedaan rangka ini tentunya merembet pada bracket cover bodi. Tentunya enggak ada lagi yang sama. Jadi jangan berharap bisa pasang bodi R15 di New V-Ixion.

Sedang pelek diyakini sama saja, begitu juga dengan ukuran bannya. Tapi disk brake depannya lebih besar, diameternya lebih lebar 20 mm dan Swing arm juga berbeda, R15 pakai jenis almunium casting.

READ:  Target penting Suzuki GIXXER 150 yang Akan Dipasarkan

Paling kentara, handling motor akan berubah, karena lengan ayun R15 4,5 cm lebih panjang dari V-Ixion. Otomatis, wheelbase standar V-Ixion yang 1.300 mm melar jadi 1.345 mm,” ujar M. Abidin, GM Service and Motorsport PT YIMM. Hal ini bertujuan untuk membuat weight distribution R15 lebih merata.

Nyaris 50:50 sedangkan V-Ixion hanya 47:63. Konsekuensi lainnya, bobot almunium casting R15 sedikit lebih berat ketimbang V-Ixion. Sehingga aplikasi ini membuat tarikan sedikit lebih berat. Perbandingan bobot total R15 sendiri 7 kg lebih berat.

Lanjut kebagian suspensi R15 juga berbeda. Tampak luarnya memang sama, tapi setingannya berbeda. Sedang untuk desainnya juga sangat berbeda. Cover bodi pasti semuanya beda. Part-part kecil lainnya pun sama saja. Speedometer pasti beda, setang kemudi juga sudah pakai model jepit, sedang New V-Ixion masih pakai setang pipa. Spion, sepatbor belakang hingga lampu di buritan juga tak sama. Lampu belakangnya sudah LED.

  • Mesin

Di area mesin, memang di atas kertas spesifikasinya sama saja. Mesin berkode 1PA itu berkonfigurasi 1 silinder, dibekali 4 katup SOHC dan berpendingin cairan. Teknologi yang diterapkan seperti forged piston dan DiAsil cylinder. Pasokan bensin injeksi dengan throttle body 28 mm, pompa bensin tipe brushless.

READ:  Memanjakan Pengguna Sport dengan Dua Produk Resmi Dari Yamaha "Busi Tipe Iridium dan MTX Silver Helmet"

Tapi tetap ada bedanya, mesin Yamaha R15 sudah mengusung transmisi 6 speed. ECU yang diusung beda, baik pin maupun map-nya. Lebih untuk safety. Jadi enggak bisa saling tukar, karena pin 2 dan 3 ditukar posisi, cuma sama secara fisik saja. Map-nya juga disesuaikan dengan karakter R15 yang sudah 6 speed.

Loading...