Tips Mengatasi Selang Radiator Yang Bocor Dengan Baik Dan Benar

Loading...

Tips Mengatasi Selang Radiator Yang Bocor Dengan Baik Dan BenarIni adalah musim liburan yang paling tepat untuk berlibur bersama keluarga. Bagi Anda yang bertujuan untuk liburan dengan menggunakan mobil pribadi, ada kalanya Anda perlu waspada dalam beberapa hal yang tidak diinginkan pada saat perjalanan jauh seperti bocornya selang radiator.

Mekanik yang berada di Service Advisor Klinik Auto Baru membeberkan jika selang radiator yang sudah bertahun-tahun tepatnya 5 tahunan peka dengan kebocoran. Hal ini disebabkan hawa panas pada mesin mobil dapat membuat karet melar. Hal inilah yang membuat karet rawan getas dan bocor.

“oleh karena itu, tidak ada salahnya jika sebelum terjadi sesuatu yang tidak dininginka pada saat perjalanan kita perlu mengantisipasi masalah itu muncul, maka persoalan bisa dengan cepat diatasi,” jelas Adi.

Sebelum melakukan perjalan jauh, yang perlu Anda persiapkan adalah ban dalam bekas, lem Aibon, lem plastik, sealer, obeng plus, obeng minus, ember, gunting dan sabun colek, jelasnya.
Tips Mengatasi Selang Radiator Yang Bocor Dengan Baik Dan Benar
Nah, untuk mengetahui selang radiator mengalami kebocoran Anda dapat melihat dari indikasi air radiator yang berkurang begitu cepat (tidak seperti baisanya) dan indikator temperatur terus meninggi. Jika Hal ini terjadi, bawalah mobil ke tepi jalan. Setelah itu bukalah kap mesin dan tunggu hingga mesin dingin.

READ:  Tips Modifikasi Honda Tiger berubah Menjadi Moge Custom

Langkah selanjutnya, Anda cukup mencuci selang radiator dengan sabun dan lap hingga bersih total. Kemudian ratakan lem plastik pada selang yang mengalami kebocoran dan gunting ban dalam bekas (Secukupnya), setelah itu lekatkan ban dalam yang sudah Anda gunting dimana Anda sudah meratakan lem plastik yang tadi.

Jika Anda tidak yakin dengan ini (Lem akan lepas pada saat panas), Anda juga bisa mengikat tambalannya dengan sisa ban dalam. Perlu diingat, jangan mengikat terlalu kuat karena dapat merusak pada bagian lainnya. Jika telah selesai, pasang kembali selang radiator seperti semula. Gunakan sealer atau lem Aibon dan oleskan pada bagian ujung untuk mencegah rembesan. Isi kembali radiator mobil Anda dengan air coolant.

Nah, itulah tips untuk mengatasi selang radiator yang mengalami kebocoran disaat perjalanan jauh. Semoga bermanfaat.!

Loading...