Tips Dan Trik Berkendara Yang Aman Di Musim Hujan

Loading...

Tips Dan Trik Berkendara Yang Aman Di Musim HujanDi musim penghujan seperti sekarang ini berkendara dengan sepeda motor perlu lebih cermat pada saat mengendarainya. Dengan adanya air hujan yang melingkupi aspal membuat jalan jadi licin dan beresiko motor selip. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan para biker saat melaju di musim hujan.

1. Beli perlengkapan yang tepat.

Kelengkapan berkendara kerap diabaikan oleh pengendara. Bukan hanya helm dan jaket saja yang menjadi pengaman berkendara, namun sepatu dan sarung tangan yang baik menjadi keharusan. Ketersediaan perlengkapan berkendara tidak susah dicari dipasaran, begitupun dengan harganya yang tidak merogoh kocek yang dalam. Keselamatan menjadi hal utama dalam berkendara. Selain itu, pastikan jaket hujan yang Anda miliki nyaman untuk dipakai.

2. Jalan perlahan (jangan ngebut).

Jalan yang basah menurunkan cengkraman rem karena licin. Bagaimanapun pengereman dijalan yang basah, pasti akan sulit untuk mengontrolnya disaat melaju dengan kencang. Cara terbaik adalah memperlambat laju kendaraan Anda.

3. Hindari permukaan licin.

Galian jalan seringkali ditutup sementara menggunakan lempengan baja ataupun sejenisnya. Tak seperti aspal, ban tidak dapat mencengkram permukaan ini. Permukaan licin lainnya adalah garis putih yang ada ditengah. Saat hujan sebaiknya hindari melewatinya. Jika terpaksa perlambat kendaraan sebelum melewatinya.
Tips Dan Trik Berkendara Yang Aman Di Musim Hujan
4. Berkendara di belakang salah satu ban mobil.

READ:  Kegunaan Sepeda Motor Sistem Injeksi

Nah, ini juga perlu dicermati dengan baik karena ini bisa juga menjadi fatal. Pastikan mengambil jarak cukup jauh dan berada di posisi salah satu ban. Pasalnya, saat mobil di depan mengerem mendadak, akan ada cukup ruang bagi Anda untuk bermanuver, sehingga risiko tabrakan dapat diminimalisir.

5. Hindari multitasking.

Saat hujan, Anda perlu berkendara lebih cermat. Jangan sekali-kali mengerem disaat menikung, ini akan membuat ban jadi selip. Ada baiknya lakukan tindakan secara berurutan. Sebagai contoh, gantilah gigi sebelum membelok, berakselerasi setelah membelok, atau mengerem sebelum membelok.

Demikianlah tips dan trik berkendara yang aman di musim hujan yang sudah kami rangkum untuk para pengendara roda dua. Berhati-hatilah saat berkendara. Semoga bermanfaat.!!!!

Loading...