Tips Dan Trik Merawat Kabel Kopling Yamaha Byson Agar Tidak Cepat Putus

Loading...

Tips Dan Trik Merawat Kabel Kopling Agar Tidak Cepat PutusSemua benda pastinya memiliki jangka waktu dalam penggunaannya masing-masing. Seperti kabel kopling Yamaha Byson, meskipun terbuat dari bahan asbes dan logam namun tetap wajib dilakukan perawatan. Jangan sampai bikin hati gregetan, gara-gara kabel kopling putus. “Jarang dirawat, kabel kopling kotor dan berkarat. Akibatnya saat tuas koling ditarik jadi lebih berat.

Kholiq empunya Byson keluaran 2013 yang berkediaman di kawasan Srengseng, Jakbar ini mengatakan jika kodisi seperti ini yang kemudian membuat kabel kopling lebih cepat putus. Pemakaian rutin harian, membuat debu bisa masuk dan menempel di kabel kopling maupun selongsongnya.

Karat yang biasanya ada pada komponen ini dipicu oleh air mengendap lama dan masuknya lewat rumah kabel kopling, apalagi diguyur hujan ataupun pada saat mencuci motor. Urusan merawat kabel kopling, tidak harus menggelandang tunggangan ke bengkel motor terdekat.

Hal ini juga tidak begitu rumit dan bisa kita melakukan sendiri dirumah dengan alat yang sederhana. Berikut trik dan cara yang sudah kami sediakan untuk Anda.

1. Alat yang dibutuhkan adalah bensin, oli, plastik dan tang. Kemudian geser ke belakang karet pelindung debu pada kabel kopling bagian atas. Dilanjutkan kendurkan baut pengunci kabel kopling menggunakan tang. Putar baut pengunci tersebut (besar) ke arah kiri atau berlawanan arah jarum jam.

READ:  Terobosan Yamaha untuk saingi Honda Verza

2. Kendurkan baut setelan (ukuran kecil) menggunakan tang dan putar ke arah kanan (searah jarum jam) hingga kabel kopling kendur.

3. Setelah itu, sejajarkan coakan baut pengunci dan baut setelan. “Coakan atau sela-sela inilah kabel kopling akan keluar dari dudukannya. Cara melepasnya, tuas kopling ditekan sembari kabel kopling di tarik ke luar,” kata pria usia 25 tahun.

4. Selepasnya kabel kopling, masukkan cairan ke dalam selang kabel dengan menggunakan plastik yang dibentuk corong, kemidian kat pada ujung atas selongsong kabel kopling. Kemudian masukkan bensin sembari kabel ditarik naik turun. Kotoran maupun karat akan ke luar dari lubang kabel kopling bagian bawah.

5. Yang terakhir, Anda cukup masukkan oli atau pelumas melalui jalur kabel kopling. Kalau oli sudah mengalir sampai lubang kabel kopling bagian bawah, berarti pelumasan sudah merata. Sebaiknya gunakan oli encer seperti SAE 10W/40. Selanjutnya tinggal rapikan seperti semula.

Loading...