Kelistrikan dan Injeksi Honda CB150R dan Sonic 150R Juga Mendapat Berbagai Penyempurnaan

Loading...

Beberapa waktu lalu kita sudah membahas tentang teknologi mesin yang diusung oleh All New Honda CB150R dan New Honda Sonic 150R. Dan pertemuan kita kali ini, kita akan membahas sistem kelistrikan pun mengalami berbagai penyempurnaan. Mau tahu apa saja teknologi yang diusung?
Kelistrikan dan Injeksi Honda CB150R dan Sonic 150R Juga Mendapat Berbagai Penyempurnaan
KELISTRIKAN

Lampu LED yang dijejalinya lebih hemat strom, maka dari itu sistem pengisian diturunkan menjadi 1 phase dan pakai 12 lilitan saja pada spulnya, akinya juga cuma 5 Ah. Konsumsi listrik LED memang sangat irit, contoh sein hanya 2,5 watt dan lampu rem 0,8 watt.

Bagian kiprok ada 2 buah kapasitor yang disatukan agar dapat back up jika aki drop. CB150R lama sudah ada kapasitor, namun 1 buah dan terpisah dari kiprok.

Selain itu, bagian pengisian pun diubah agar digunakan kutub di spul yang dilengkapi inti elektromagnet (versi lama pakai SP plate steel), karakternya tak memerlukan induksi yang besar untuk menghasilkan listrik yang sama, hasilnya putaran mesin lebih ringan.
Kelistrikan dan Injeksi Honda CB150R dan Sonic 150R Juga Mendapat Berbagai Penyempurnaan
SISTEM INJEKSI

Untuk injeksi yang diusungnya pada All New CB150R StreetFire kali ini sedikit berbeda dari versi sebelumnya yakni, putaran stasioner tak lagi disetel manual. “Untuk pengaturan stasioner sudah otomatis karena ada IACV atau idle air control valve, yang lama disetel manual pakai obeng,” ujar Sarwono Edhi. Stasioner CB150R ini akan diatur oleh ECM di kisaran 1.500 ±100 rpm.

READ:  Honda Sonic 150R Akan Mengaspal Di Indonesia, Keren Guys!

Sementara bagian pembuangan ada sensor O2, yang bertujuan untuk memastikan perbandingan udara dan bensin yang disupply ke dalam silinder komposisinya pas, sehingga emisi gas buang bisa ditekan. Hal ini tentunya untuk lolos dari Euro3.

Dari semua sensor ada 7 komponen yakni, MAP (Manifold Absolute Pressure) untuk membaca tekanan udara di throttle body, IAT (Intake Air Temperature) yang membaca suhu udara di intake, TP (Throttle Position) atau sensor yang membaca besarnya bukaan gas, ketiga sensor itu posisinya ada di throttle body yang berdiameter 30 mm.

Adapun Bank Angle Sensor yang berfungsi mematikan mesin saat motor jatuh dan sensor CKP (Crankshaft Position), memberikan input posisi piston. Kemudian ada sensor ECT (Engine Coolant temperature) yang menginformasikan suhu mesin. Terakhir baru O2 sensor yang membaca hasil pembakaran.
Kelistrikan dan Injeksi Honda CB150R dan Sonic 150R Juga Mendapat Berbagai Penyempurnaan
KNALPOT

Agar tekanan emisi gas buang lebih menekan, catalityc converter three way diusungkannya dan pakai three chamber expansion untuk meredam suara. Termasuk penggunaan glasswool dipinggiran silincer yang meredam suara akibat getaran di putaran bawah.

Loading...