Honda RC213V Versi Produksi Hanya Dibuat Sepuluh Unit

Loading...

Honda RC213V Versi Produksi

Honda RC213V Versi Produksi Dijual Rp 13 miliar

Peluncuran Honda RC213V versi Produksi harus ditunda Honda sampai waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Wakil Presiden Honda Racing Corporation (HRC), Shuhei Nakamoto di sela-sela uji coba resmi pra-musim MotoGP 2013 di sirkuit Sepang, Malaysia, akhir minggu lalu.

Dikutip MotoGP.com, Nakamoto menyatakan, penundaan harus dilakukan karena spesifikasi yang sudah disiapkan ternyata harus diubah sesuai dengan ketentuan Dorna. Pergerakan katup diubah menggunakan spring-actuated (sistem pegas), sementara versi balap menggunakan pneumatic valve (gas bertekanan tinggi). Transmisi tidak memakai seamless gearbox (sistem perpindahan gigi diiringi akselerasi yang mulus).

Spesifikasi ECU masih menunggu ketentuan yang akan dikeluarkan oleh Dorna. Begitu juga dengan tangki bensin, 24 liter, berbeda dengan versi MotoGP 20 liter. “Struktur sasis juga beda. Kami berusaha membuatnya lebih murah tanpa mengurangi performa. Ini tidak mudah. Alasan itulah yang membuat kami harus menunda peluncurannya,” ujar Nakamoto.

Meski demikian, Honda RC213V versi Produksi akan diuji coba di Valencia, Spanyol, Agustus nanti. Untuk harga, Nakamoto mengatakan, 1 juta euro (Rp 13 miliar). Untuk sementara, hanya dibuat sepuluh unit dengan penjualan langsung ditangani oleh HRC.

READ:  Skutik 125cc Kawasaki Siap Rilis Akhir Bulan

Loading...