Upgrade matic Xeon RC 125 jadi Lebih Ganas

Loading...

Upgrade matic Xeon RC 125 jadi Lebih ganas
Upgrade matic Xeon RC 125 jadi Lebih ganas

KABARMOTOR.COM – Body yang gagah, sporty, dengan sorot mata tajam, Yamaha Xeon RC 125 merupakan skutik matik keluaran pabrikan motor Yamaha yang memiliki desain yang sporty, selain itu Xeon RC 125 juga dilengkapi dengan fitur-fitur teknologi modern yang menjadikannya skutik matik yang paling digemari masyarakat Indonesia.

Salah satu motor matic terbaik yamaha dikelas 125cc ini punya segudang potensi untuk dikilik performanya. Motor ini sudah dibekali dengan mesin  4 Langkah, 2 Valve,  SOHC,  berpendingin cairan berkapasitas 124,86 cc, dari mesin ini Xeon RC 125 mampu memuntahkan tenaga hingga 11,4 PS (8,4 kW) pada 9000 rpm serta torsi mencapai 10,4 Nm (1,06 kgfm) / 6000 rpm.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk upgrade motor Xeon RC 125 kesayangan anda:

1. Bore Up

Cara paling singkat buat ningkatin torsi secara instan, daripada pasang ina inu yang ngga jelas, mending bore up, apalagi jika melirik diameter throttle body dan klep nya, bore up 150cc sangat bisa. Cukup banyak pilihan piston disini, bisa pakai Vixion yang berukuran 57mm, KLX yang berukuran 58, bisa juga pakai Daytona Shogun dari ukuran 57.5-60mm, tinggal atur saja karena pin nya 14mm, paling menyesuaikan dome saja, oh iya kalo mau bore up tanpa merubah jalur radiator, kita bisa aplikasi piston 57mm, maksimal 58mm, diatas itu bisa, tetapi harus bikin jalur radiator baru, pokoknya lengkap.

READ:  Sosok Suzuki Inazuma Hadir sebagai Motor Petarung Jalanan

2. Porting Polish

Sesuaikan kebutuhan, untuk harian cukup diambil sedikit saja dari standar, porting di kisaran 25mm jika bore up, maka peak power bisa di set 8000rpm, kalo tanpa bore up, cukup haluskan saja kulit jeruknya, tidak perlu terlalu besar, jika porting terlalu besar nanti peak power dan peak torsi berada di rpm yang terlalu tinggi, jadinya malah kurang efisien.

3. Camshaft

Camshaft bisa pakai yang aftermarket, tapi Custom Camshaft yang selalu lebih baik.

4. ECU Racing

Ini enaknya motor injeksi, cukup colok ECU programable bisa atur timing pengapian, semprotan bahan bakar, limiter. Kalo semprotan bensin masih kurang deras juga ganti injektornya.

5. Knalpot

Standard saja, bisa bobok bila perlu, besarkan header buat pembuangan yang lebih lancar, saya sendiri kurang suka dengan knalpot racing, biar sleeper bro, tampangnya standar tapi larinya tidak maksimal.

Untuk melakukan modifikasi terhadap motor kesayangan anda, jangan melakukan modifikasi secara asal-asalan, karena hal ini akan memberikan dampak yang membahayakan bagi pengendaranya. Jadi lakukan modifikasi dengan cara yang benar, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pengendara.

Loading...