Tips dan Cara Mencuci Helm Sendiri

Loading...

Tips dan Cara Mencuci Helm Sendiri

Loading...

Sebagai salah satu “safety gear”, helm tentu punya peran yang sangat besar ketika kita mengendarai sepeda motor. Banyak kecelakaan bermotor yang melibatkan pengendara motor, hanya mengalami cidera ringan berkat penggunaan helm yang benar. Makanya jangan heran jika Pak Polisi sering sekali menilang pengendara sepeda motor yang lalai menggunakan helm saat berkendara.

Ada banyak alasan kenapa sebagian pengendara sepeda motor kadang-kadang enggan menggunakan helmnya. Mulai dari lupa, malas, takut merusak tatanan rambut, kurang nyaman, ribet, dan sebagainya. Malah mungkin ada yang enggan menggunakan helm karena helm-nya punya aroma yang tidak sedap saat digunakan.

Nah, khusus untuk alasan terakhir di atas, ada beberapa tips untuk mencuci helm sendiri yang hemat di kantong. Bayangkan berapa banyak pengeluaran yang bisa Anda hemat, jika sekarang jasa pencucian helm mematok harga mulai Rp 15-20 ribu. Yuk, simak beberapa tips  berikut :

  • Sediakan sebuah wadar yang ukurannya lebih besar dari helm Anda. Jika visor (kaca helm) bisa dilepas, sebaiknya dilepas supaya proses pencucian helm makin maksimal.
  • Isi dengan air wadah tersebut hingga kira-kira cukup merendam keseluruhan bagian helm. Setelah itu masukkan deterjen ringan seperti sabun.
  • Masukkan helm ke dalam wadah yang telah berisi cairan pembersih dan pastikan seluruh bagian helm terendam semua.
  • Diamkan selama 10-15 menit di dalam wadah tersebut. Air pencuci akan terlihat kotor akibat kotoran dari helm Anda.
  • Bersihkanlah bagian dalam helm dengan tangan untuk bagian kaca. Sementara itu, gunakan sikat secara perlahan untuk membersihkan busa bagian dalam helm.
  • Setelah helm terlihat sudah bersih, angkat helm untuk dibilas dengan air bersih. Setelah itu, sediakan wadah yang ukurannya sama lalu masukkan pewangi pakaian agar helm Anda terasa wangi. Diamkan selama beberapa menit agar cairan pewangi itu meresap ke dalam helm.
  • Setelah itu lakukan pengeringan dengan menjemur helm di bawah terik matahari. Setelah itu, supaya proses pengeringan maksimal, gunakan kipas angin atau pengering rambut untuk bagian dalam helm.
READ:  Yamaha New Vixion Sebagai Generasi Penerus Terlaris di Tahun 2014

Setelah helm kering dan bersih, Anda bisa gunakan kembali helm tersebut.

Loading...