Penyebab Oli Mesin Yamaha Scorpio Rembes

Loading...

Penyebab Oli Mesin Yamaha Scorpio Rembes

Sebalnya melihat oli rembes di seputar mesin. Seperti di head silinder Yamaha Scorpio. Parahnya kalau sudah campur debu, terkesan jorok dan enggak terawat. Ketika ditelusuri, ternyata sil atau O-ring dari karet yang ada di sekitar mesin sudah bocor. Penyebabnya bisa lingkar dalam atau luar karet sil robek, atau mengeras karena panas mesin. Akibatnya maksimal membendung oli.
Ada beberapa sil yang menyebabkan oli meler di mesin Scorpio. Pertama, sil yang ada pada tutup setelan klep. Karena di daerah panas, sil ini gampang mengeras dan bocor. Apalagi kalau O-ring imitasi yang enggak presisi dan pemasangan kurang tepat.

Kedua, oli rembes di sekitar tutup silinder head sebelah kanan yang bertuliskan Four. Penyebabnya O-ring cover blok sudah tidak maksimal bekerja, rembesan oli terlihat di bawah, kiri dan atas cover Four.

Penyebab lain pada areal ini bisa dari O-ring kabel kabel rpm. Posisinya di dalam head kanan bertuliskan Four. Bentuk sil bagian tengah berlubang mirip tapi dimensinya kecil.

Selain O-ring di kabel rpm, oli juga bisa rembas dari karet sil di sela lubang baut yang biasanya juga sudah sudah korosi atau karat. Kalau yakin memang ini biangnya, harus menebus kabel rpm baru yang banyak dijual di toko onderdil.

Loading...