Aplikasi Rekluse di Kopling Manual, Tanpa Menekan Kopling Tidak Ada Sentakan

Loading...

Aplikasi Rekluse di Kopling Manual, Tanpa Menekan Kopling Tidak Ada SentakanRekluse adalah salah satu nama brand yang memproduksi sebuah alat tambahan pada motor trail. Dengan memasang alat tersebut, maka fungsi kopling manual pada motor trail akan main secara otomatis.

Maka pada saat melakukan start, tidak perlu lagi tarik kopling saat masukkan gigi dan lepas kopling seiring dengan membuka grip gas. Tinggal memainkan perseneling saja dan genggaman pada setir semakin kuat, begitupun pada saat melakukan oper gigi, juga tidak perlu lagi meremas handle kopling.

Aplikasi Rekluse di Kopling Manual, Tanpa Menekan Kopling Tidak Ada SentakanKomponen tersebut sudah ada dibeberapa motor trail yang mengggunakannya, seperti Husqvarna, KTM, Suzuki RMZ dan beberapa motor Enduro lain. Bicara banderol cukup lumayan bro, Rp 6 juta.

“Perangkat tersebut melekat pada kopling manual, dengan melepas satu plat kampas kopling sebagai penggantinya,” ujar Hadax Amin, mekanik Pro Tuner di Jl. Sunset Road Denpasar, Bali yang kebetulan sudah memasang part ini di Husqvarna FE250.

Dalam satu setnya terdiri dari beberapa bagian, ada plat penekan, per diafragma dan sentrifugal, serta stut penghubung selang rem di sisi kiri yang berfungsi untuk menyetel sistem ini. Untuk memasanganya harus lepaskan terlebih dahulu bak koplingnya setelah terlebih dahulu menguras oli mesin. Setelah itu lepaskan baut pengunci kopling manualnya.

READ:  Modifikasi Yamaha Mio Fino, Konsep Terinpirasi Film Animasi Sherk

Aplikasi Rekluse di Kopling Manual, Tanpa Menekan Kopling Tidak Ada Sentakan“Lanjutkan dengan melepas plat penekan kopling bawaan motor dan juga plat dan kampas kopling masing-masing satu buah” papar Amin yang asal Malang ini.

“Setelah komplit, pasang perangkat sentrifugalnya dan plat penekan dan kunci ke enam bautnya. Kalau semuanya sudah terpasang, jangan lupa kembalikan bak kopling pada posisi semula, kencangkan bautnya dan isi oli” lanjut pria beranak satu ini.

Loading...