Cek Kondisi Rantai Secara Berkala Agar Tidak Putus Di Jalan

Loading...

Saat-saat menunggu waktu buka puasa mungkin alangkah baiknya cek kondisi tunggangan Anda, mungkin bagian rantai mendapat perhatian khusus. Terkadang pengendara mengalami kendala pada rantai yang putus tiba-tiba, eitss, pastinya semua pengendara tidak menginginkan hal tersebut.
Cek Kondisi Rantai Secara Berkala Agar Tidak Putus Di Jalan
“Banyak pemilik kurang memberikan perawatan pada rantai, sehingga dapat menyebabkn fatal,” papar Sumantri ‘bos’ Chips Motor, di Jl. Pos Pengumben Raya, Jakbar.

Loading...

Hal ini kelihatan sepele, namun rantai juga memiliki umur, jika tidak dirawat pastinya cepat haus juga. Kondisi rantai jangan terlalu tegang, begitupun sebaliknya tidak boleh terlalu kendor (jangan sampai seperti tali jemuran). Membersihkan rantai juga berperan penting dengan menggunakan pembersih khusus yang sudah tersedia di pasaran jangan dengan minyak tanah.

“Setelah semua bersih dari sisa-sisa oli bercampur pasir yang melengket, lumasi dengan oli atau chain lube yang banyak dijual di toko spare part atau bengkel,” tambah pria berkumis tipis ini.
Cek Kondisi Rantai Secara Berkala Agar Tidak Putus Di Jalan
Untuk mengetahui rantai yang sudah mulai haus, bisa dilihat pada putaran rantai yang terkadang tidak stabil lagi. Terkadang setelah pembersihan putaran rantai yang sudah tidak stabil karena silnya ada yang kaku karena usia juga kurang dirawat.

Kalau gir mungkin nampak jelas, ada gompal dan jarak antara mata yang satu dengan yang lain sudah tidak sesuai. Jika ingin mengganti rantai sebaiknya mengganti secara bersamaan.

READ:  Memanjakan Pengguna Sport dengan Dua Produk Resmi Dari Yamaha "Busi Tipe Iridium dan MTX Silver Helmet"

Loading...