Modifikasi Kawasaki KLX 250S Bergaya AMA Supermoto

Loading...

Dion sang empunya Kawasaki KLX 250 ini begitu menginginkan supermoto persis yang dipakai balap di AMA Supermoto, kejuaraan nasional supermoto Amerika Serikat. “Saya kesemsem dengan motor-motor di AMA Supermoto,” terang pecinta turing ini. Namun permasalahannya, tidaka ada yang menggunakan basis Kawasaki KLX 250 hehee.. Kebanyakan pakai trail special engine yang diubah kaki-kaki pakai ban aspal. Untuk itu, pria yang sudah doyan supermoto dari 10 tahun lalu ini memutuskan mengubah motornya jadi special engine Honda CRF450R.
Modifikasi Kawasaki KLX 250S Bergaya AMA Supermoto
“Semua dipercayakan pada Arena Motor (AM) yang memang sudah mengerti apa yang saya mau,” bebernya seraya mencomot rangka CRF450R. Penggantian rangka bertujuan untuk mendapat lebih sempurna. Dan Semua itu bukan hal yang mudah, pemasangan mesin KLX 250 di rangka baru ini butuh banyak penyesuaian. “Mesin KLX 250 sedikit lebih tinggi dari mesin CRF450R, makanya sasis CRF450R ini harus dipotong sedikit di bagian bawah agar bisa masuk dan pas,” jelas Boby Susanto owner AM di Ciledug, Tangerang.

Sedangkan untuk sektor kaki-kaki, swing arm dan sok depan upside down copotan Aprilia SXV 550 sengaja dipasang. Sedangkan sok depan, bawaan Aprilia berlabel Marzocchi dipasang lengkap dengan plate number juga sepatbor depan supermoto Italia ini. Untuk bagian belakang, lengan ayun aluminium ini dipasang bareng sok tunggal Ohlins. “Peleknya ada dua pilihan, untuk nongkrong dalam kota ada pelek palang Marchesini, tapi buat turing pakai jari-jari TK Japan saja. Sayang pelek mahal buat terjang lubang,” ujar Dion yang baru pulang turing Jakarta-Padang, Sumbar.

READ:  Duet Moge Kawasaki ZX Tampil Bagaikan Pembalap Superbike

Pelek yang dipakai juga merek TK Japan lebar 3.00×17 di depan dan 5.00×17 di belakang masih terpasang di hub bawaan KLX 250. Khusus untuk bagian belakang, karena cukup lebar, rantai jadi mentok ban. Solusinya, Boby menambahkan gear spacer di depan dan belakang 1,5 mm. “Setelah semua rapi, tinggal pasang bodi. Satu set punya CRF450R dipasang,” yakin Boby yang mengkombinasikan warna hitam dengan grafis merah.

Data Modifikasi :

Setang: Renthal twin wall
Handle kopling: Renthal
Handle rem: Renthal
Tail light: Acerbis
Front fender: Aprilia SXV 550
Number plate: Aprilia SXV 550
Selang rem: Hell
Engine guard: Carbon Light Speed
Frame guard: Carbon Light Speed
Tank cover: Carbon Light Speed
Steering damper: GPR stabilizer
Chasis: Honda CRF 450
Lengan Ayun: Aprilia SXV 550
Sok Depan: Marzochi Aprilia SXV 550
Sok belakang: Ohlins
Pelek: TK Japan 17×3.00 17×5.00 inci
Ban: Pirelli Scorpion
Knalpot: Termigioni

Loading...