Cara aman berkendara di Jalan berbatu sebagai Medan Motor trail

Loading...

Cara aman berkendara di Jalan berbatu sebagai Medan Motor trail
Cara aman berkendara di Jalan berbatu sebagai Medan Motor trail

KABARMOTOR.COM – Bagi kebanyakan orang saat melintasi jalan berbatu mereka mengatakan bahwa ini merupakan jalur yang paling menyiksa, sehingga seringkali sebisa mungkin setiap orang akan berusaha untuk menghindari bebatuan demi untuk menjaga kondisi kendaraan mereka.

Namun bagaimana jika jalur berbatu itu adalah satu-satunya jalur yang harus dilalui untuk mencapi lokasi tertentu untuk sampai ke tujuan? Tentunya mau tidak mau kita harus melewatinya meskipun jalannya rumit.

Saat melewati jalan yang berbatu, seharusnya posisi badan harus berdiri, jangan pernah duduk manis di jok motor anda. Dengan posisi berdiri, selain akan mengurangi guncangan yang berakibat energi lebih terkuras, juga akan membuat handling motor lebih enak. Posisi berdiri juga membuat kaki pengendara berfungsi seperti suspensi kedua jika akan terjadi hal yang tidak diinginkan karena pengaruh keseimbangan dari kendaraan.

Memang akan sedikit terasa sulit karena ini adalah cara mengendara yang tidak biasa kita lakukan. Kesalahan yang sering dilakukan pengendara adalah pandangan mata selalu ke bawah, melihat spatbor depan. Coba pandangan mata selalu diarahkan ke depan, sehingga otak kita akan segera merespon dan memerintahkan tubuh kita untuk siap-siap melalui jalur berbatu itu jika ada halangan didepan kendaraan anda.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah tentang isi atau tekanan angin di ban. Tekanan angin di ban jangan terlalu keras, karena ini akan membuat motor terpantul-pantul dan getaran di tangan akan lebih terasa kuat. Bisa-bisa tangan akan lemas tidak berdaya. Namun tekanan angin juga jangan terlalu lembek, karena kalau terlalu lembek itu akan membuat ban dalam rawan bocor akibat dihajar jalur berbatu. Sering ada kasus setelah melewati jalur berbatu, ban dalam menjadi sobek atau pentil ban copot. Ini semua karena tekanan angin di ban terlalu lembek.

Jika sudah terlatih dan paham tehniknya, melewati jalur berbatu bukanlah menjadi rintangan berarti. Justru akan ada kenikmatan tersendiri jika berhasil melewati jalur berbatu dengan lancar dan hemat energi. Selamat menikmati jalur berbatu!

Loading...