Per Kopling yang Sama Tapi Beda Motor

Loading...

Per Kopling yang Sama Tapi Beda Motor

Per kopling tiap motor biasanya memiliki karakter berbeda, sesuai jenis engine masing-masing. Namun kemungkinan, ada juga per yang sama dari berbeda motor. “Biasanya persamaan ini bisa dilihat dari diameter per kopling, panjang keseluruhan, serta besar pinggang-nya, dengan kata lain hampir mirip” kata Sarjono, mekanik kawakan dari Sweet Martabak Racing (SMR).

Nah, per kopling motor apa saja sih yang wujudnya sama? Honda CBR150 bisa dibilang per koplingnya masih terbilang susah didapat dan walau pun ada, harganya mahal. sekitar Rp 240 ribu (4 pcs). Solusinya bisa pakai per kopling Honda Tiger yang dibanderol Rp 80 ribu.

Selain bisa digunakan di CBR150, per Tiger bisa juga buat Kawasaki D’Tracker 150 dan KLX150. Ternyata masih bisa juga digunakan di Jupiter MX.

Untuk motor bebek sekelas Suzuki Smash, per kopling bisa adopsi dari Honda Supra dan Grand. “Yamaha Jupiter Z bisa pakai kepunyaan RX-King, memang agak sedikit keras tapi entakannya lebih sangar karena per RX-King lebih keras,” kata Kancil, sapaan akrab Sarjono.

READ:  Kawasaki Versys 250 Adventure Siap Mengaspal Di Indonesia

Loading...