Cara Menghilangkan Suara Plong Pada Honda Blade

Loading...

Cara Menghilangkan Suara Plong Pada Honda Blade

Loading...

Kala gas dibetot dan dilepas, terdengar suara pong.. pong.. Muncul dari knalpot Honda New Blade. “Kurang enak didengar. Mungkin suara ini sengaja didesain pabrikan. Padahal sempat dibahas  bahwa variasi mocong knalpot mengurangi performa,” kata Rudi Hansen, mekanik bengkel gedung Kompas Gramedia Jl. Panjang Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Dengan rasa penasaran, Rudi coba cermati knalpot New Blade kepunyaannya. “Rupanya di ujung knalpot terdapat cover. Nah, suara plong.. plong.. ini dihasilkan oleh lubang pipa knalpot bertemu cover yang memiliki ruangan kosong, sehingga menghasilkan suara aneh,” jelasnya.

Rudi penasaran, coba mengatasi suara yang agak sedikit mengganggu ini. “Solusinya ruang kosong antara pipa dan cover moncong knalpot dijejalkan glasswool, enggak usah bongkar moncong knalpot.” bilang Rudi.

Cukup tebus 2 lembar glasswool seharga Rp 10 ribu. Cara memasukannya, gunting beberapa bagian glasswool lalu dimasukkan ke ruang kosong di knalpot menggunakan obeng. Hingga ruangan tadi padat dengan glasswool.

Agar glasswool tidak tertiup hembusan udara knalpot dan habis, bisa gunakan lem silikon kaca atau sealer untuk menutupinya. “Tapi, tipenya harus yang kental, harganya cuma Rp 15 ribu,” wantinya.

Hasilnya suara plong.. plong.. hilang diredam glasswool. Suara pun enak tertengar.

READ:  Penampilan New Vixion facelift dengan Desain Terbaru

Loading...