Meningkatkan performa kecepatan Honda vario 125

Loading...

Meningkatkan performa kecepatan Honda vario 125
Meningkatkan performa kecepatan Honda vario 125

KABARMOTOR.COM – Vario 125, baru minggu ini ketemu dengan rider yang agresif(speed Freak). Dirumah, ada beberapa motor dari merek yang berbeda , Honda dan Yamaha. Jika lagi pengen praktis, kita coba menggunakan motor matic, Xeon.

Vario 125 tertinggal cukup jauh di belakang. Ketika di awal-awal Vario tertinggal sekitar 2 body di belakang, dan ketika sampai diujung jalan yang berkisar 170-an meter dari titik awal, terlihat dari spion Vario tertinggal sekitar  5 meteran,  tidak tahu berapa pastinya tapi menurut feeling sekitar 5 meteran kurang atau lebih.

Ketika  terjebak kendaraan dan diovertake oleh Vario, rasanya dengan mudah lagi oleh Xeon untuk mengovertake Vario karena kalah dalam hal kelincahan manuver. Pertarungan berhenti si lampu merah menjelang mangga dua sebelum pelintasan rel kereta api, dan sejauh itu terlihat Vario kesulitan untuk mengejar Xeon. Terus terang  tidak puas karena ini baru 1 sampel, dan jalannya pertarungan lebih didominasi dengan kondisi jalan yang ramai lancar, yang mana dengan kondisi ini faktor skiil dan kelincahan manuver sangat menentukan. Yang  inginkan adalah benar-benar riil dari peforma motor bukan faktor skill.

Mungkin minggu ini  cukup beruntung, karena pada hari Jumat nya,  memiliki kesempatan lagi untuk mencoba peforma Vario 125 vs Xeon. Yup, bertemu di stasiun lenteng agung arah kedepok, motor Vario 125 warna biru putih yang terlihat mengejar Vixion. Tidak menyiakan kesempatan karena kurang puas dengan hasil sebelumnya, langsung saja ikut nimbrung. Kondisi jalanan lagi-lagi ramai lancar. Menjelang Margo City, antara Xeon dan Vario 125 saling bergantian overtake, hal ini tidak lain disebabkan oleh faktor kendaraan yang menghambat. Vixion sendiri sudah jauh meninggalkan k.

READ:  Kecepatan Maksimun Skuter vario dengan Motor sport

Nah yang menarik selepas Margo City, terbantu oleh lampu merah.  berusaha mengambil posisi paling depan dari pengendara lainnya melalui jalur sebelah kiri. Sementara rider Vario agak terjebak oleh motor yang berada di depannya, namun termasuk posisi depan. Seiring waktu, rider Vario mampu keluar dari hambatan kendaraan yang berada didepannya. Dia mengambil posisi paling depan di sebelah kanan.

Ketika lampu berubah hijau, rider Vario sedikit lebih dulu membetot gas motornya dan disaat itu posisi Vario berada sekitar 3 meteran di depan Xeon. Disinilah, lagi-lagi antara percaya dan tidak, dijalan yang lurus, sepi tanpa adanya kendaraan yang menghambat, Vario sangat gampang di overtake! Rasanya tarikan awal Vario 125 tidak ada bedanya dengan Vario 110, bahkan mungkin lebih nendang tarikan awal beat! Sampai SPBU Shell, Vario 125 sudah tertinggal dibelakang tapi  tidak tahu berapa, mungkin sekitar 2 atau 3 meteran.

Menurut analisa  pribadi, mungkin karakter Vario 125 ini sama persis dengan Skywave 125, yang mana motor ini akan terasa galak jika kecepatan motor sudah masuk kecepatan diatas 100km/h.

Sekarang, bagaimana karakter Xeon 125? Xeon memiliki karakter cepat dari 0-80km/h, sangat galak dari 80-100km/h, dan kedodoran (lemot) dari 100-110km/h. Top speed mentok di 110km/h.

READ:  Pilihan berbeda dan Keren Untuk Yamaha Fino

Dari pengalaman, antara Xeon vs Skywave, Xeon kalah setelah memasuki kecepatan 105km/h, disaat itu Skywave 125 terus melenggang meninggalkan Xeon. Namun, dibawah kecepatan itu Xeon unggul jauh dibanding Skywave. Top speed Skywave 125 menurut feeling  sekitar 115km/h.

Selanjutnya, dari dua kali pengalaman  Xeon vs Vario 125,  terlihat Xeon mengungguli Vario, namun uniknya, ketika Xeon sudah memasuki 100km/h on speedo, belum terlihat adanya tanda-tanda Vario mulai mengovertake. Tapi menurut prediksi , Xeon akan kalah dalam segi top speed.

Loading...